Profil Timnas Spanyol di Euro 2016

Profil Timnas Spanyol di Euro 2016!!! Tim Nasional Spanyol menjadi salah satu unggulan terkuat di Piala Eropa 2016. Skuad arahan Vicente Del Bosque ini mengandalkan bintang top seperti Andres Iniesta, Cesc Fabregas, hingga Alvaro Morata.

Sebagai juara bertahan Spanyol sedang menghadapi masa transisi saat menjalani laga di Final Piala Eropa 2016. Vicente del Bosque mulai kehilangan nama-nama penting seperti Xavi Hernandez, Xabi Alonso, hingga Charles Puyol. Bahkan kabar terbaru, del Bosque tidak memasukkan nama Fernando Torres, Diego Costa, dan David Villa di skuad Spanyol.

Seperti diketahui, nama-nama itu menjadi sosok penting dalam kemenangan Spanyol di Euro 2008 dan 2012 silam. Tapi, Bosque bukan tanpa amunisi. Nama-nama baru seperti Isco, Koke hingga Alvaro Morata bakal menjadi tulang punggung. Setidaknya, nama-nama ini telah dipersiapkan Bosque untuk mengisi skuad sementara untuk Piala Eropa 2016.

Melihat skuad yang dipersiapkan, Bosque sepertinya tidak akan mengubah skema permainan secara signifikan. Hal ini terlihat dari masih dipertahankannya Busquets, Fabregas dan Iniesta. Apalagi, Isco dan Koke punya gaya permainan yang tak beda jauh.

Sedangkan Diego Silva bakal bermain sedikit di depan seperti posisinya saat bermain untuk Spanyol di Piala Eropa dan Piala Dunia beberapa periode lalu.

Spanyol memiliki latar belakang sejarah cukup kuat. Sempat juara pada Piala Eropa 1964, Spanyol lantas menghilang dari perburuan gelar bergengsi di Spanyol ini selama beberapa dekade. Baru di era 2000-an akhir, tim ini menjadi raja sepak bola dunia.

Catatan dan Peluang Spanyol

Menurut catatan Notas de Futbol di Juegalaroja.com yang diterjemahkan situs resmi FIFA, seperti dikutip Solopos.com, Senin (24/5/2016), Spanyol adalah juara Dunia dan juara Eropa saat ini, setelah memenangkan Piala Dunia FIFA 2010, Piala Eropa 2008, dan Piala Eropa 2012, sehingga menjadi tim pertama dan satu-satunya yang telah memenangkan tiga turnamen internasional besar dari FIFA berturut-turut.

Pada bulan Juli 2008 Spanyol naik ke puncak Peringkat Dunia FIFA untuk pertama kalinya dalam sejarah tim, menjadi negara keenam ke atas peringkat ini, dan negara pertama ke atas peringkat tanpa sebelumnya memenangkan Piala Dunia FIFA. Antara November 2006 dan Juni 2009 Spanyol tidak terkalahkan selama 35 pertandingan berturut-turut sebelum mereka kalah dari Amerika Serikat tanggal 24 Juni 2009 pada Piala Konfederasi FIFA 2009.

Spanyol yang sekarang terkenal dengan gaya permainan Tiki-taka, yang membuat tim ini menjadi sebuah kekuatan yang dominan di persepakbolaan dunia.

Pada tanggal 1 Juli 2012 tim nasional Spanyol membuat sejarah sepak bola ketika mereka mengalahkan Italia 4-0 di final Euro 2012 dengan gol dari Fernando Torres, Juan Manuel Mata, Jordi Alba dan David Silva di Kiev Olimpiyskiy Stadium.

Spanyol menjadi tim pertama yang memenangkan dua Kejuaraan Eropa berturut-turut, dan tim sepak bola Eropa pertama yang memenangkan tiga turnamen besar berturut-turut (Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012). Dengan prestasi ini, banyak analis sepak bola, pemain, dan penggemar sama-sama menganggap inkarnasi ini menjadi salah satu tim internasional terbesar yang pernah ada.

Di atas kertas Spanyol memang menjadi salah satu tim unggulan. Asosisasi tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, menempatkan Spanyol di salah satu tim unggulan saat pengundian babak grup Jadwal Euro 2016.

Kemenangan Sevila di Piala Europa 2016 dan all-Spanish Final di Liga Champions 2016 juga turut menjadi faktor yang cukup menguntungkan secara psikologis. Atau, sebaliknya fakta ini justru membebani skuad La Furia Roja.

Sayangnya, Spanyol tergabung di grup yang cukup “rumit”. Spanyol bakal dipertemukan dengan tim-tim kuat seperti Rep. Ceska, Turki, dan Kroasia. Arda Turan di Turki, Luka Modric dan Ivan Rakitic di Kroasia tentu tau corak sepak bola Spanyol. Sebagai andalan di tim-tim kuat Liga Spanyol seperti Real Madrid dan Barcelona, pemain-pemain ini tentu punya banyak informasi yang bisa dibagikan ke tim nasional masing-masing.

Julukan: La Furia Roja

Asosiasi: Real Federacion Espanola de Futbol

Pelatih: Vicente del Bosque

Kapten: Ike Cassilas

Penampil Terbanyak: Iker Cassilas (152 Caps)

Top Skor: David Villa (56 Gol)

Grup Euro 2016: Grup D (Rep. Ceska, Kroasia, dan Turki)

Prestasi Juara: 1964, 2008, dan 2012

Statistik Spanyol di Kualifikasi Piala Eropa 2016

Menang-Imbang-Kalah: 10 – 1 – 0

Rata-Rata Skor dan kebobolan: 2,3 – 0,3

Kartu Kuning dan Merah: 18 – 0

Rekor Piala Eropa

1960 – Mengundurkan Diri

1964 – JUARA

1968-1976 – Tidak lolos

1980 – Babak Pertama

1984 – Runner-Up

1988 – Babak Pertama

1992 – Tidak Lolos

1996 – Perempat final

2000 – Perempat final

2004 – Babak Pertama

2008 – JUARA

2012 – JUARA

Skuad Sementara

Kiper: Iker Casillas, David de Gea, Sergio Rico.

Bek: Sergio Ramos, Gerard Pique, Dani Carvajal, Jordi Alba, Marc Bartra, Cesar Azpilicueta, Juanfran.

Gelandang: Mikel San Jose, Bruno Soriano, Sergio Busquets, Koke, Thiago Alcantara, Isco, Andres Iniesta, David Silva, Cesc Fabregas, Saul Niguez.

Pemain Depan: Pedro Rodriguez, Aritz Aduriz, Nolito, Alvaro Morata, Lucas Vazquez.

This entry was posted in Berita and tagged , . Bookmark the permalink.