Hasil Kualifikasi Grup C Euro 2016, Spanyol Kalahkan Ukraina

Spanyol VS Ukraina 1-0Hasil Kualifikasi Grup C Euro 2016, Spanyol Kalahkan Ukraina! Gol debut Alvaro Morata membawa Spanyol menang tipis 1-0 atas Ukraina di Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (28/3) dini hari tadi. Spanyol bertahan di peringkat kedua dan kini terpaut tiga poin dari Slowakia yang masih ada di puncak klasemen Grup C Kualifikasi Euro 2016.

BABAK PERTAMA

Tampil di hadapan publik sendiri, Spanyol mendominasi permainan sejak awal. Kombinasi Isco, Koke, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets berhasil memporakporandakan skema Ukraina, tapi tim tamu mampu menutup ruang tembak dengan rapat.

Peluang emas baru terlahir di menit kesepuluh, saat Iniesta melepas umpan akurat kepada Morata. Penyerang Juventus itupun mendapat cukup ruang untuk menembak, tapi bola masih melebar di samping gawang. Koke menyambungnya dengan sepakan jarak jauh tak lama berselang, namun Andriy Pyatov mampu menggagalkannya.

Morata berhasil memecah kebuntuan sekaligus membuka rekening golnya bersama timnas Spanyol di menit ke-28. Menyambut umpan mematikan Koke, sang penyerang berlari dan mencungkil bola melewati Pyatov yang berniat menutup ruang tembakannya. Bola mengoyak jala Ukraina dengan manis.

Spanyol terus mendominasi dan nyaris menggandakan keunggulan mereka lewat aksi Sergio Ramos. Sayang, tandukan sang bek yang bermula dari sepak pojok David Silva itu hanya mampu menggetarkan mistar gawang Pyatov.

BABAK KEDUA

Paruh kedua tak seindah paruh pertama. Kedua kubu sama-sama sering melakukan kesalahan dan kehilangan bola. Spanyol pun gagal mempertahankan permainan dominan yang mereka tunjukkan di babak sebelumnya.

Ruslan Rotan nyaris menyamakan kedudukan ketika laga menginjak menit ke-50. Tendangan bebasnya melengkung cantik ke arah gawang Spanyol, tapi Iker Casillas cukup sigap untuk menepis ancaman tersebut. Gelandang Ukraina kembali mengancam Spanyol lima menit berlalu, tapi Casillas kembali menggagalkan percobaannya.

Ukraina tampil lebih baik di paruh kedua. Mereka terus menciptakan peluang dan membelah pertahanan Spanyol. Untung saja ada Casillas di bawah mistar. Kiper veteran tersebut menyajikan penampilan impresif yang membuat gawangnya tidak kebobolan.

Tiga menit jelang bubaran, Spanyol mencatatkan peluang terbaik mereka di sepanjang paruh kedua. Isco membelah pertahanan Ukrainan dengan umpannya kepada Santi Cazorla. Gelandang Arsenal tersebut pun tak mau luput beraksi. Sayang, sepakan kaki kirinya mampu digagalkan Pyatov.

Wasit pun menutup laga dengan peluit panjang, tak ada perubahan skor di paruh kedua ini.

SUSUNAN PEMAIN

SPANYOL : Casillas; Juanfran, Ramos, Pique, Alba; Busquets, Koke, Isco; Iniesta, Morata, Silva

UKRAINA : Pyatov; Fedetskiy, Khacheridi, Kucher, Shevchuk; Tymoshchuk, Rotan; Konoplyanka, Stepanenko, Yarmolenko; Zozulya

This entry was posted in Kualifikasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.